Kamis, 06 Maret 2008

MEMBUAT RENCANA BISNIS 4

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bab 4. Penjelasan Produk
Jelaskan produk anda Secara khusus, jelaskan fitur dan manfaatnya


Pasar


Tentukan dengan seksama siapa yang akan menjadi kelompok konsumen anda. Penelitian pasar anda mungkin menyimpulkan bahwa anda menujukan penjualan pada suatu pasar atau bagian pasar tertentu.


Buatlah garis besar penelitian pasar yang sudah anda lakukan – penelitian primer dan sekunder sama pentingnya – termasuk ringkasan informasi dalam bentuk grafik dan tabel. Informasi pendukung yang lebih rinci dapat disertakan dalam lampiran.


Anda harus menunjukkan bahwa pasar itu ada. Berapa besar pasarnya? Perkirakan besarnya permintaan untuk produk anda dalam jangka pendek dan jangka panjang dan buatlah alasan yang tepat untuk itu. Berdasarkan informasi inilah anda akan memperkirakan besarnya penjualan.


Perusahaan Hong Khrua Thai
Hong Khrua Thai berniat menyediakan makanan bermutu tinggi sebagai kelompok restoran mahal. Restoran itu hanya akan menerima tamu pada malam hari yang sudah memesan tempat karena penelitian pasar kami menunjukkan bahwa para konsumen mengharapkan makanan dan pelayanan bermutu tinggi. Dalam kaitan dengan hal ini maka waktu untuk mempersiapkan makanan dan penyajiannya merupakan hal yang penting untuk kepuasan pelanggan.


Perusahaan Optimum Test Solutions Ltd.
Industri manufaktur elektronik di Skotlandia adalah merupakan sektor pasar terbesar dan penghasil ekspor terbanyak di negara itu. Selama dua dekade terakhir daerah yang disebut “Silicon Glen” menjadi pusat industri elektronik yang mapan di Eropa. Dengan banyaknya perusahaan multinasional yang menempatkan kantor pusatnya di bagian tengah Skotlandia, maka masa depan industri Skotlandia kelihatannya sangat cerah.


Semua perusahaan manufaktur elektronik menggunakan peralatan pengujian khusus dalam proses produksinya. Ini biasanya terdiri atas mesin-mesin pengujian mahal yang dapat digunakan untuk bermacam-macam pengujian, lalu ditambahkan suatu alat khusus yang dirancang khusus untuk melakukan pengujian atas komponen atau sirkuit tertentu. Walaupun mesin utama itu tetap letaknya, alat tambahan itu akan sering diganti sesuai dengan apa yang sedang diproduksi saat itu. Optimum Test Solutions didirikan untuk memproduksi alat tambahan yang sering dibutuhkan ini, dan juga untuk mendukung kebutuhan presisi proses pengujian komponen elektronik.


Anda harus menjelaskan kepada pembaca seberapa besar persaingan. Persaingan bentuk apa yang ada? Berapa banyak pesaing yang ada? Apakah akan ada pesaing baru dimasa depan. Jelaskan mengapa produk anda akan lebih disukai dibandingkan produk pesaing? Apakah yang menjadikan produk anda unik?


Hong Khrua Thai
Persaingan dapat dibagi dalam dua sektor:
- Persaingan langsung (dengan restoran Thailand khusus)
- Persaingan tidak langsung (dengan restoran lain dan perusahaan katering yang menyajikan makanan jenis lain).


Apakah ada hambatan untuk masuk kedalam pasar khusus ini – dan, kalau ada, siapakah mereka dan bagaimana anda mengatasinya?

MEMBUAT RENCANA BISNIS 3

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bag 3. Maksud dan Sasaran
Bagian ini menjelaskan maksud dan tujuan perusahaan anda.


Produk Barang atau Jasa


Jelaskan apa yang anda jual, atau yang ingin anda jual, dalam bahasa yang mudah dipahami pembacanya. Hindari penggunaan istilah-istilah yang muluk-muluk (jargon) sedapatnya; seorang pembaca yang menginginkan informasi yang lebih rinci mengenai aspek teknis dari produk anda akan memintanya. Atau, masukkan informasi ini dalam lampiran.



Jelaskan mengapa konsumen mau membeli barang atau jasa itu. Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi olehnya? Buatlah penjelasan bukan hanya mengenai ciri-ciri (fitur)nya tetapi juga cantumkan manfaatnya. Manfaat dapat berupa, misalnya, mudah penggunaannya, nyaman digunakan, aman, hemat, fleksibel, rasa, dsb. Ingat bahwa konsumen membeli manfaat tetapi anda yang harus membayar fitur itu.


Apakah ada dari fitur itu yang unik? Jelaskan secara rinci paten, pendaftaran desain atau hak cipta kalau ada.





Perusahaan Marie-Bernadette Callan – AQUArelle


Perusahaan ini mendasarkan usahanya pada fesien dan asesoris yang terbuat dari kulit binatang laut, terutama memproduksi sarung tangan. Namun demikian, kulit itu juga digunakan untuk keperluan lain dalam perusahaan, yang juga melibatkan perdagangan barang-barang yang terbuat dari kulit bukan dari binatang laut. Proses pembuatan sarung tangan dilakukan oleh perusahaan lain. AQUArelle bertanggung-jawab dalam memproduksi asesoris lainnya.


Kulit binatang laut itu diimpor, dan banyak jenis kulit tersedia, termasuk kulit ikan salmon dan ikan serigala tutul. Perusahaan penyamaan kulit memasok hampir 94% pasar dunia untuk kulit binatang laut, dan karena mereka juga memasok perusahaan fesien, jenis warna kulit yang dibuatnya cocok dengan kebutuhan AQAUrelle, walaupun mereka juga bersedia untuk menghasilkan warna khusus atas permintaan. Kulit yang dihasilkan lolos pengujian mutu dari London Institute of Leathers (Lembaga Kulit London) dan dapat dicuci dengan tangan pada suhu 50 derajat. AQUArelle adalah perusahaan pertama di Inggris yang menggunakan kulit ikan serigala tutul.


Semua kulit diperoleh sebagai daur ulang dari produk limbah industri ikan di Norwegia, jadi tidak ada ikan yang dibunuh hanya untuk diambil kulitnya saja, ini berarti AQUArelle lebih bersahabat pada lingkungan dari pada perusahaan yang memproduksi sarung tangan dari kulit reptil.


Kulit binatang laut Aquarelle mempunyai keunggulan daripada kulit lainnya:

AQUArelle tiga kali lebih kuat daripada kulit sapi dengan ketebalan yang sama, yang menjamin tahan lama; mempunyai penampilan yang indah dan eksotis; dan, karena tidak ada dua ikan yang sama, setiap kulit aquarelle itu unik.


Produknya sendiri dibuat lebih menarik oleh kemasannya, karena penting untuk mempertahankan citra yang kuat dari seluruh identitas perusahaan. Kemasan AQUArelle dan bahan promosinya dirancang dan diproduksi oleh perusahaan B & S Design Associates. Warna perusahaan adalah warna krem, warna bambu dan hitam, dan, dengan menggunakan gambar permukaan yang mencolok, identitas perusahaan dimaksudkan untuk mencerminkan citra sesuatu yang mahal dan unik. Setiap pasang sarung tangan dilengkapi instruksi penggunaan yang dirancang khusus dan kartu yang menunjukkan keasliannya. Sebuah contoh bahan promosinya dilampirkan.





Perusahaan Active Design


Produk yang dihasilkan Active Design adalah alat bantu belajar yang unik untuk anak-anak dan dirancang untuk belajar dengan menggunakan kurikulum nasional. Kurikulum Nasional menetapkan tujuan mata ajaran yang diajarkan untuk anak-anak pada tingkat yang berbeda-beda. Guru harus mencari produk yang dapat mendukung tujuan itu dan menghemat waktu belajar. Produk Active Design dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini.


Produk yang ada sekarang ini terutama berupa model badan manusia. Dengan model ini anak-anak dapat menghubungkannya dengan bagian tubuhnya sehingga pelajarannya dapat lebih mudah dipahami dan mudah diingat.

MEMBUAT RENCANA BISNIS lanjutan

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bab 2. Dalam bisnis apa anda berada?
Apa yang anda lihat sebagai bisnis anda? Siapa pelanggan utama anda?


Menyiapkan Rencana Bisnis



Sebuah rencana bisnis adalah uraian lengkap mengenai usaha dan rencana perusahaan untuk satu sampai tiga tahun kedepan. Ini menjelaskan apa yang dikerjakan perusahaan (atau yang akan dikerjakan kalau ini perusahaan baru); siapa yang akan membeli produknya dan mengapa mereka membeli produk itu, dan, memuat ramalan keuangan yang menunjukkan keuangan yang ada dan menjelaskan kebutuhan keuangannya.


Rencana bisnis yang tertulis hanya merupakan wadah dari semua hal ini untuk suatu saat tertentu. Pemikiran dan gagasan anda sebelum mulai usaha baru tidak bisa tidak akan berubah dari pengalaman yang anda peroleh setelah usaha baru itu dimulai dan berjalan. Rencana bisnis anda harus mencerminkan pengalaman yang bertambah ini. Gunakan rencana anda untuk membandingkan pengalaman dan hasil dengan gagasan awalnya dan lakukan perubahan kalau diperlukan. Ini akan memungkinkan anda tetap bisa mengendalikan perusahaan dan membantu anda membuat rencana untuk berhasil.


Keinginan pribadi akan mempengaruhi perasaan anda mengenai bekerja sendirian atau jenis perusahaan apa yang akan anda jalankan. Apakah anda mendirikan perusahaan hanya untuk kesenangan – atau untuk mencari untung. Penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan anda akan membantu memilih barang atau jasa yang dapat dihasilkan perusahaan anda, dan menentukan ketrampilan apa yang masih harus dikembangkan kemudian. Meneliti pasar dimana anda menjual akan dapat melihat peluang dari pelanggan dan ancaman dari pesaing yang ada dalam bisnis itu. Dari semua ini, anda harus dapat menciptakan gagasan yang jelas tentang apa yang dilakukan perusahaan anda, kemana harus menuju, dan bagaimana caranya menuju kesana. Anda juga perlu memikirkan mengenai sumberdaya yang dibutuhkan – uang, peralatan, tempat usaha, orang – dan bagaimana menggunakan sumberdaya ini.





Isi Buku Pedoman ini


Buku pedoman ini dibagi dalam bagian-bagian yang membahas unsur-unsur utama yang tercakup dalam sebuah rencana bisnis. Pedoman ini memberikan kerangka-kerja bagi perencanaan anda dimana anda dapat memberikan penjelasan mengenai perusahaan, pasar yang potensial, bagaimana perusahaan dijalankan dan dilengkapi dengan rincian keuangannya. Buku pedoman ini tidak membahas secara rinci semua teknik yang diperlukan untuk mencari informasi yang diperlukan untuk menyusun rencana bisnis. Namun demikian, buku pedoman ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana menggabungkan semua informasi itu menjadi satu dokumen yang konsisten. Buku ini tidak akan menjawab semua pertanyaan anda, tetapi akan menyarankan anda mencari jawabannya sendiri. Buku ini dimaksudkan sebagai pedoman – bukan buku peraturan. Kalau anda merasa suatu informasi itu harus ditulis atau berada dalam urutan yang lain dari apa yang disarankan disini, lakukan hal itu. Tetapi gunakanlah buku ini sebagai daftar periksa (check list) untuk menjamin tidak ada informasi penting yang anda lewatkan. Akan diberikan contoh-contoh perusahaan sebenarnya yang menggunakan rencana bisnis ini dan menunjukkan kepada anda bagaimana perusahaan lain sudah melewati langkah ini dengan berhasil!


Menyusun Rencana


Anda akan menuliskan rencana bisnis berdasarkan informasi yang anda kumpulkan dari berbagai sumber.

Rencana Bisnis

DAFTAR ISI


Ringkasan
Perusahaan
Barang atau Jasa
Pasar
Rencana Pemasaran
Manajemen & Organisasi
Ramalan Keuangan
Kebutuhan Keuangan
Lampiran




Bagi kebanyakan perusahaan, rencana bisnis merupakan alat terpenting untuk meyakinkan calon pemberi dana bahwa usulan usaha itu dapat dilaksanakan dan para pelaksananya mempunyai komitmen dan tekad untuk keberhasilan perusahaan. Ada baiknya untuk menyediakan waktu yang cukup untuk meneliti isinya dengan cermat dan menyajikannya secara profesional.


Rencana bisnis anda harus disajikan dalam bentuk yang mudah dan cepat dimengerti. Bagian utama rencana bisnis biasanya memerlukan tidak lebih dari delapan sampai sepuluh halaman, kalau perlu didukung dengan lampiran sebagai penjelasannya. Dengan demikian maka rencana bisnis anda itu akan mudah disusun dan akan menjadi dokumen kerja dimana anda dan calon pemberi dana mendapatkan informasi manajemen yang diperlukan.


Anggaplah rencana bisnis itu sebagai alat pemasaran – dalam hal ini memasarkan anda sendiri kepada calon pemberi dana yang prospektif. Rencana itu harus jujur, tetapi harus menyajikan anda dalam keadaan yang terbaik. Harus mudah dibaca oleh orang yang sibuk, seperti pejabat bank, dan mudah mengetahui apa yang diperlukan dari mereka.





Penyajian


Sampul akan memberikan kesan mengenai perusahaan kepada pembacanya sehingga harus terlihat profesional. Sampul harus menunjukkan nama perusahaan dan logo (kalau ada) dan nama anda. Sampul yang dirancang dengan baik akan memberikan kesan profesional kepada pemberi dan akan menarik perhatian mereka. Anda harus berusaha untuk mencetak isi rencana bisnis itu dalam format yang mudah dibaca.





Isi Rencana Bisnis


Ringkasan
Walaupun ringkasan adalah bagian yang akan dibaca pertama oleh pembacanya, sebaiknya ini ditulis terakhir. Ringkasan harus secara singkat memberikan penjelasan mengenai perusahaan dan menekankan maksud tujuannya. Juga harus menjelaskan bagaimana maksud tujuan itu akan dicapai dan mengapa pemiliknya adalah orang yang akan menjadikannya kenyataan.


Kalau salah satu penggunaan rencana bisnis ini adalah untuk mencari pendanaan, maka suatu garis besar yang jelas akan menarik perhatian para calon pemberi dana dan membuat mereka tertarik untuk membacanya. Ingatlah bahwa orang yang akan menilai perusahaan anda itu orang-orang yang sangat sibuk. Tekankan kekuatan perusahaan anda dan sebab-sebab mengapa anda harus mendapat dukungan. Tunjukkan perputaran penjualan dan keuntungan yang diharapkan untuk tahun depan. Kalau perusahaan sudah berjalan, cantumkan juga sejarah perusahaan sampai saat ini, dan khususnya, berikan rincian penjualan dan keuntungan tahun-tahun lalu. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya? Prestasi besar apakah yang sudah dicapai?


Akhirnya, sebutkan berapa banyak dana yang anda butuhkan dan apa saja penggunaannya.


Fat Frog Design adalah sebuah perusahaan Inggris. Perusahaan ini menawarkan jasa rancangan grafis dan penerbitan menggunakan komputer untuk seluruh bagian Timur Laut Inggris dan bagian lain negara Inggris.


Untuk memberikan jasa pelayanan ini, Fat Frog Design yakin akan dapat menarik nasabah dengan membuat paket rancangan tahunan, harga yang menarik dan memberikan perhatian khusus pada hal-hal kecil yang diperlukan oleh masing-masing nasabah melalui penghubung antara nasabah dan perusahaan.


Walaupun pasar untuk jasa ini sudah sangat bersaing, Fat Frog Design mendapatkan dari penelitian pasar yang mendalam bahwa ada permintaan yang pasti terhadap jasa Fat Frog Design seperti paket rancangan tahunan yang tidak ditawarkan oleh pesaingnya.


Setelah Fat Frog Design mapan dan mendapat reputasi yang baik atas mutu dan kehandalannya didaerah Timur Laut Inggris, perusahaan ini berharap untuk dapat mengembangkan jasanya keseluruh Inggris sehingga menambah jumlah nasabah, penjualan dan akhirnya menambah keuntungan.





Perusahaan


Bagian ini harus menguraikan dengan singkat maksud dan tujuan perusahaan. Apakah perusahaan sudah berjalan atau belum, jelaskan siapa yang memilikinya. Apa yang menyebabkan perusahaan ini didirikan?.


Kalau perusahaan sudah berjalan, uraikan sejarahnya dan apa yang sudah dicapai sampai saat ini. Berapa besar perputaran penjualannya? Berapa tingkat keuntungannya? Berapa nilai bersih perusahaan? Buatlah ringkasan angka-angka yang penting dan sertakan laporan rugi-laba dan neraca perusahaan yang lebih rinci dalam lampiran. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya? Bagaimana pendanaan awal perusahaan ini (misalnya melalui modal penyertaan, pinjaman, hibah)? Prestasi besar apa saja yang sudah dicapai?


Jelaskan struktur hukum perusahaan (PT, perorangan, atau kemitraan CV). Sebutkan juga kalau ada hal yang membedakan dengan perusahaan lain misalnya sifat khusus produknya atau adanya sertifikat ISO9000.


Perusahaan Network Advantage
Network Advantage adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam konsultansi komputer yang mengkhususkan diri pada teknologi jaringan dan komunikasi, terutama aplikasi bisnis Internet. Tujuan utama kami adalah untuk memasarkan dan menjual jasa konsultansi, pelatihan dan dukungan dalam bidang ini, berdasarkan pada paket standar, yang kemudian disesuaikan untuk keperluan khusus para nasabah.


Perusahaan Sole Discretion
Sole Discretion adalah toko pengecer yang menjual sepatu, terletak di pusat kota Darlington, bertujuan untuk menjual kepada wanita dan pria berumur antara 16 dan 30 tahun.

membuat rencana bisnis

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)

Bab 1 Pendahuluan


Membuat Rencana Bisnis anda yang Pertama



Perusahaan yang dikelola dengan baik memandang perencanaan sebagai kegiatan yang berkesinambungan untuk menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Rencana jangan dianggap sebagai sesuatu yang sangat mengikat, tetapi anggaplah sebagai cara untuk menjamin agar kegiatan sehari-hari dapat dilaksanakan secara teratur. Perusahaan yang dikelola dengan baik akan menganggap rencana sebagai suatu kerangka kerja yang bersifat fleksibel (luwes) dan tanggap terhadap peluang yang muncul, tanpa harus berubah total dari sasaran semula. Mengetahui bahwa sebagian besar kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana akan memberikan kebebasan untuk melihat adanya peluang itu.

Pemantauan secara teratur mengenai bagaimana perusahaan bekerja juga penting untuk mengetahui apakah sasaran dan tujuan akan bisa dicapai. Survai terhadap perusahaan kecil dan perusahaan yang sedang berkembang menyimpulkan bahwa perusahaan yang mempunyai rencana ternyata lebih mungkin untuk memperoleh untung yang lebih besar.

Idealnya, anda membuat catatan tertulis atas hasil dari perencanaan anda – walaupun rencana anda itu hanya berupa daftar tujuan penting beserta anggarannya. Ada saatnya dimana anda harus menjelaskan secara tertulis rencana itu kepada pihak ketiga untuk menunjukkan langkah-langkah yang akan diambil perusahaan. Hal ini terutama penting kalau anda akan memulai usaha baru dan mencari dukungan keuangan.


Pada waktu perusahaan berada dalam puncak proses perencanaannya, mudah sekali untuk juga membuat ringkasan dari unsur-unsur yang berbeda-beda itu kedalam rencana tertulis. Kalau neraca perusahaan menunjukkan memberikan potret seketika mengenai posisi keuangan perusahaan saat ini, rencana bisnis harus juga menunjukkan potret seketika mengenai proses perencanaan.


Pemikiran Strategis



Banyak perusahaan kecil menganggap bahwa rencana strategis atau rencana jangka panjang hanya dibuat oleh perusahaan besar. Perusahaan yang yang tetap hidup dan berkembang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan menawarkan manfaat


kepada mereka dengan harga yang tidak hanya menutup biayanya tetapi yang juga menghasilkan keuntungan. Untuk dapat melakukan hal ini secara efektif, Peter Drucker berpendapat bahwa organisasi perlu memfokuskan pada lingkungan eksternal untuk dapat menciptakan pelanggan. Begitu juga Michael Porter berpendapat bahwa cara perusahaan memposisikan dirinya dalam pasar merupakan hal yang sangat penting. Secara khusus, tugas anda adalah untuk mencocokkan secara efektif kemampuan perusahaan (yaitu, pengetahuan, keahlian dan pengalamannya) dan sumberdaya dengan peluang yang diciptakan oleh pasar. Dengan kata lain, perusahaan harus didorong oleh pasar (market driven). Banyak perusahaan berpendapat mereka bisa membuat produk, tetapi tidak yakin apakah produk itu sebenarnya dibutuhkan.


Titik tolak untuk sebuah perusahaan adalah menentukan misi, atau maksud, dan menentukan sasaran.


Misi (atau maksud) menjelaskan “apa yang dilakukan perusahaan”. Setiap perusahaan tentu mempunyai maksud. Sebagian untuk mencari uang. Lainnya menetapkan maksud perusahaannya dalam bentuk siapa pelanggannya atau apa kegiatannya. Sebagian lagi memasukkan pernyataan mengenai tata nilainya. Banyak perusahaan yang berhasil didorong oleh suatu ideologi yang meliputi maksud dan tata nilainya dan yang menciptakan inspirasi dan pedoman bagaimana menjalankan usahanya. Menetapkan misi merupakan pra-syarat dalam membuat perencanaan.


Sasaran, atau “visi”, menetapkan “kemana perusahaan ini akan menuju”. Ini dapat dinyatakan dalam bentuk laju pertumbuhan, atau perbandingan dengan pesaingnya, atau bahkan menyatakan akan berbuat baik untuk masyarakat. Bagi kebanyakan perusahaan, visi inilah yang mendorongnya maju kedepan.


Dalam menetapkan sasaran anda harus memenuhi harapan tiga orang: pemilik perusahaan, karyawan, dan pelanggan. Masing-masing mempunyai harapan yang berbeda:


Pemilik perusahaan mengharapkan manfaat dari uang yang ditanamkan dalam perusahaan. Ini bisa anda sendiri (atau mitra anda), tetapi anda tetap mengharapkan lebih daripada kalau uang itu disimpan di Bank. Kalau anda mempunyai penanam modal dari luar dalam perusahaan anda, mereka akan mengharapkan meningkatnya modal yang ditanamkannya dan ini harus dibuktikan bahwa modalnya itu dikelola dengan baik.


Karyawan mengharapkan penghargaan yang realistis terhada pekerjaan, kesempatan kerja dan lingkungan kerja yang menyenangkan.


Pelanggan mengharapkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dan yang sesuai dengan harga yang dibayarnya.


Untuk bisa berhasil, sebuah perusahaan perlu mengetahui bagaimana caranya mencapai sasarannya. Banyak perusahaan melakukan hal ini dengan menetapkan sasaran tujuan pendek. Tujuan ini harus terpusat pada tindakan-tindakan yang harus diambil dan harus dapat dicapai dengan sumberdaya yang ada. Sasaran dan tujuan dapat diuraikan kedalam rencana bisnis (business plan) bersama dengan analisis pasar, sumberdaya yang diperlukan dan cara penggunaan sumberdaya itu.

suplemen koperasi

Suplemen perkoperasian


DASAR-DASAR KOPERASI

Tujuan dari pengenalan terhadap Dasar-Dasar Koperasi adalah : memberikan wawasan ataupun informasi agar para pengurus atau anggota koperasi khususnya dan masyarakat umum lebih mengenal sosok koperasi.

Apa pengertian koperasi secara umum ..?
Pengertian koperasi secara sederhana Koperasi berawal dari kata "co" yang berarti bersama dan "operation" (operasi) artinya bekerja. Jadi pengertian koperasi adalah bekerja sama. Sedangkan pengertian umum koperasi adalah : suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan sama, diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota

Ciri-Ciri Koperasi
Ciri-ciri yang menonjol dalam koperasi adalah :
Berasas kekeluargaan
Keanggotaan sukarela dan terbuka bagi setiap Warga Negara Republilk Indonesia
Rapat anggota adalah pemegang kekuasaan tertinggi
Apa Yang Menjadi Landasan Koperasi..?
Koperasi mempunyai landasan :
Landasan Idiil/iddiolodi/dasar adalah : Pancasila
Landasan Struktural UUD 45 pasal 33 ayat 1 yang berbunyi " Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan"
Landasan Operasional adalah : UU No 25 tahun 1992 tentang Koperasi
Landasan Mental adalah : setia kawan dan kesadaran pribadi
Apa Yang Menjadi Maksud dan Tujuan Koperasi
Adapun maksud dan tujuan koperasi adalah :
Memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat
Ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju,adil dan makmur berdasarkan Pancasila
Fungsi dan Peran Koperasi dalam Perekonomian di Indonesia apa saja..?
Sebagai sokoguru/urat nadi perekonomian Indonesia
Untuk memperbaiki tingkat kehidupan Masing-masing anggota dan masyarakat
Mmempersatukan, mengarahkan, memberdayakan ekonomi rakyat
Mengembangkan potensi, daya kreasi, daya usaha rakyat untuk meningkatkan produksi dan mewujudkan tercapainya pendapatan yang adil dan kemakmuran yang merata
Mempertinggi taraf hidup dan tingkat kecerdasan rakyat
Membina kelangsungan dan perkembangan demokrasi ekonomi
Dalam perkoperasian dikenal berbagai jenis koperasi, apa saja jenis koperasi yang ada di Indonesia..?
Jenis-jenis yang di kenal di dalam perkoperasian di Indonesia, antara lain :
Induk Koperasi
Koperasi Primer
Koperasi Sekunder
Koperasi Unit Desa (KUD)
Koperasi Serba Usaha (KSU)
Koperasi Simpan Pinjam (KSP)
Koperasi Pasar (KOPPAS)
Koperasi Karyawan (KOPKAR)
Koperasi Pegawai (KOPPEG)
Koperasi Warga (KOPAG)
Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
Apa saja yang termasuk kedalam ketentuan umum koperasi..?
Dalam koperasi dikenal sebagai ketentuan umum, antara lain tentang berbagai simpanan, pinjaman, jenis modal yaitu :
Simpanan Pokok adalah : simpanan yang di bayar setahun sekali atau sekali selama menjadi anggota. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi.
Simpana Wajib adalah : simpanan yang wajib di bayar sebulan sekali. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi. Simpanan hanya bisa di ambil kembali ketika keluar dari keanggotaan Koperasi.
Simpanan Suka Rela adalah : simpanan yang besarnya tidak di tentukan, tetapi bergantung kepada kemampuan anggota.Simpanan sukarela dapat di setorkan dan diambil setiap saat.
Pinjaman adalah : layanan yang di berikan kepada anggota. Besarnya bisa di lihat dari saldo simpanan anggota atau di tentukan pengurus dan anggota koperasik.
Jasa Pinjaman adalah : biaya yang di kenakan kepada anggota yang meminjam yang besarnya di tetapkan oleh anggota dan pengurus koperasi dalam rapat anggota.(jika flat/jasa menurun)
Jasa pinjaman menurun dihitung dari saldo (sisa) pinjaman
Jasa pinjaman tetap/flat dihitung dari besarnya pinjaman
Provisi adalah biaya yang di bebankan kepada anggota ketiak meminjam termasuk kedalam biaya administrasi
Modal koperasi adalah terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman
Yang termasuk ke dalam modal koperasi terdiri dari apa saja, dan yang termasuk modal yang berasal pinjaman terdiri dari apa saja..?

Modal terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dana cadangan, hibah, dan sisa hasil usaha.


Modal pinjaman di dapat dari pinjaman anggota, pinjaman dari koperasi lainnya, pinjaman bank, pinjaman dari BUMN, pinjaman dari lembaga atau organisasi lainnya baik swasta maupun pemerintah atau dari kreditur perorangan.


Bagaimana dengan keanggotaan dan kepengurusan koperasi..?


Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka bagi setiap warga negara Indonesia Kepengurusan dipilih oleh dan dari anggota untuk jangka waktu tertentu.

materi Pendidikan dasar 2007 l

LEBIH MENGENAL KOPERASI

Oleh : Setiawan Pandu, SE

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. (Pasal 1 UU No. 25 Tahun 1992, tentang Perkoperasian)

Pengertian koperasi secara lebih rinci adalah:
Beranggotakan (dimiliki oleh) orang-orang atau badan hukum-badan hukum koperasi yang kegiatan usaha atau kepentingan ekonominya sama.
Sebagai pemilik, anggota wajib memodali dan ikut menanggung resiko koperasi.
Sebagai pengguna, anggota wajib memanfaatkan pelayanan yang disediakan oleh koperasi.
Koperasi bertujuan untuk memajukan ekonomi (meningkatkan pendapatan dan atau nilai tambah) pemiliknya (anggota), dengan cara meningkatkan efisiensi ekonomi melalui usaha secara bersama.
Dikelola oleh pengurus yang dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota. Pengurus sebagai mandataris Rapat Anggota bertugas melayani kepentingan anggota, sesuai dengan keputusan rapat anggota.


Jenis Koperasi

Undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, pasal 16: “Jenis koperasi didasarkan pada kesamaan kegiatan dan kepentingan ekonomi anggotanya”.

Berdasarkan kegiatan usaha dan kepentingan ekonomi anggotanya, terdapat 2 jenis koperasi, yaitu :
Koperasi Produsen.
Koperasi Konsumen.

Koperasi Produsen
Adalah koperasi yang beranggotakan para produsen yang kegiatan usahanya sama. Tujuan menjadi anggota koperasi produsen adalah meningkatkan pendapatan usahanya melalui koperasi.



Fungsi koperasi produsen :
Melalui koperasi, para anggota dapat memperoleh bahan baku dengan harga murah, mudah, dan bermutu. Jika anggota secara bersama membeli bahan produksi tersebut melalui koperasi, maka harganya akan lebih murah dibandingkan membeli secara sendiri-sendiri. Dengan begitu, antar produsen bukan saling melemahkan, tapi justru saling memperkuat dan mendukung.
Dengan menjual produk secara bersama-sama akan mengurangi biaya pemasaran dan memperkuat posisi tawar, sehingga dapat meningkatkan harga jual.
Untuk menambah pangsa pasar, maka kualitas dan hasil produksi ditingkatkan. Oleh karena itu, pendidikan dan penyuluhan mengenai proses produksi dibutuhkan oleh produsen. Hal ini dapat dikoordinasikan oleh koperasi.
Salah satu konsekuensi berkoperasi adalah mereka harus bekerjasama dalam permodalan. Demikian juga dalam menanggung resiko. Kedua kegiatan tersebut jelas akan memperkuat kedudukan mereka sebagai produsen.

Koperasi Konsumen
Koperasi Konsumen adalah koperasi yang beranggotakan orang-orang yang membutuhkan barang konsumsi. Tujuan anggota koperasi konsumen adalah mendapatkan barang-barang konsumsi atau pelayanan jasa dengan harga murah, bermutu baik, dan mudah.

Fungsi koperasi konsumen :
Dengan membeli barang secara bersama-sama, maka harganya akan lebih murah dibandingkan membeli secara sendiri-sendiri. Dengan begitu antar konsumen dapat saling menguntungkan.
Melalui koperasi, konsumen mendapat jaminan kualitas dan persediaan barang, karena koperasi dapat jaminan pasokan dari agen.
Anggota dapat mengusulkan jenis dan kualitas barang yang diinginkan sesuai kebutuhan dan kemampuan mereka.
Anggota dapat pendidikan ekonomi dan pengelolaan rumah tangga yang kaitannya dengan kebutuhan sehari-hari, termasuk tawaran yang cocok dari koperasinya.
Koperasi konsumen dapat membangun pabrik. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ongkos produksi dan ongkos pemasaran. Juga untuk menjaga kualitas dan menjamin persediaan barang untuk anggota.
Dalam koperasi simpan pinjam, anggota dapat memperoleh pinjaman dengan bunga (jasa) yang murah (rendah) dan prosedur yang mudah. Penetapan besarnya bunga (jasa) di dalam Rapat Anggota.


Keanggotaan Koperasi

Undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian:
Anggota koperasi adalah pemilik dan sekaligus pengguna jasa koperasi(Pasal 17).
Keanggotaan koperasi didasarkan pada kesamaan kepentingan ekonomi dalam lingkup usaha koperasi. (pasal 19 ayat 1).
Setiap anggota mempunyai kewajiban dan hak yang sama terhadap koperasi sebagaimana diatur dalam Anggaran Dasar. (pasal 19 ayat 4).
Kewajiban dan Hak Anggota (pasal 20)
Setiap anggota mempunyai kewajiban:
mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta keputusan yang telah disepakati dalam rapat anggota;
berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi;
mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasar atas asas kekeluargaan.
Setiap anggota mempunyai hak:
menghadiri, menyatakan pendapat, dan memberikan suara dalam rapat anggota;
memilih dan/atau dipilih menjadi anggota pengurus atau pengawas;
meminta diadakan rapat anggota menurut ketentuan dalam anggaran dasar;
mengemukakan pendapat atau saran kepada pengurus di luar rapat anggota baik diminta atau tidak;
memanfaatkan koperasi dan mendapat pelayanan yang sama antara sesama anggota;
mendapatkan keterangan mengenai perkembangan koperasi menurut ketentuan dalam anggaran dasar.

Perangkat Organisasi Koperasi

Perangkat Organisasi koperasi terdiri dari:
Rapat Anggota
Pengurus
Pengawas
(Pasal 21 UU No. 25 tahun 1992)

Rapat Anggota
Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.
Hak suara dalam rapat anggota, satu anggota satu suara.
Rapat Anggota menetapkan:
Anggaran Dasar;
Kebijakan umum di bidang organisasi, manajemen, dan usaha koperasi.;
Pemilihan, pengangkatan, pemberhentian pengurus dan pengawas;
Rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, serta pengesahan laporan keuangan;
Pengesahan pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya; pembagian sisa ahsil usaha;
Penggabungan, peleburan, pembagian, dan pembubaran koperasi.
Pemimpin rapat dalam Rapat Anggota adalah anggota yang tidak sedang menjabat sebagai pengurus, pengawas, manajer, atau karyawan koperasi.

Pengurus

Pengurus adalah orang-orang yang dipercaya oleh rapat anggota untuk menjalankan tugas dan wewenang dalam menjalankan roda organisasi dan usaha. Sehubungan dengan hal itu, maka pengurus wajib melaksanakan harapan dan amanah anggota yang disampaikan dalam forum rapat anggota. Pengurus perlu menjabarkan kehendak anggota dalam program kerja yang lebih teknis.

Tugas pengurus adalah
mengelola koperasi dan usahanya,
mengajukan rancangan rencana kerja serta rancangan rencana Anggaran pendapatan dan belanja koperasi,
menyelenggarakan rapat anggota,
mengajukan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas,
memelihara daftar buku anggota

Wewenang pengurus
mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan,
memutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar,
melakukan tindakan dan upaya bagi kepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggungjawabnya dan keputusan rapat anggota.

Untuk terlaksananya tugas tersebut, pengurus dapat dibantu oleh pengelola dan karyawan

Ketentuan pengangkatan pengelola:
pengurus koperasi dapat mengangkat pengelola dan diberi wewenang dan kuasa untuk mengelola usaha,
dalam hal pengurus koperasi bermaksud untuk mengangkat pengelola, maka rencana pengangkatan tersebut diajukan kepada rapat anggota untuk mendapat persetujuan,
pengelola bertanggungjawab kepada pengurus,
pengelola usaha oleh pengelola tidak mengurangi tanggungjawab pengurus

Pengangkatan pengelola dan karyawan didasarkan pada tingkat kebutuhan dan tuntutan yang dihadapi oleh masing-masing koperasi.

Pada umumnya pengangkatan sering disebabkan karena alasan-alasan:
organisasi semakin besar dan kompleks,
biasanya pemilihan pengurus karena alasan “personality”, bukan berdasarkan keahlian,
masa kerja pengurus terbatas,
mengurus koperasi ditempatkan sebagai kerja sambilan,
sulit memisahkan antara kepentingan, sebagai anggota yang menjalankan usaha pribadi dengan kepentingan sebagai pengurus yang harus mengelola perusahaan koperasi, atau
kurang memiliki waktu dan keahlian.

Pengawas

Pengawas adalah orang-orang yang dipercaya oleh rapat anggota untuk melakukan pengawasan terhadap pengurus dalam menjalankan kegiatan koperasi.

Tugas pengawas:
Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi;
Membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya.

Wewenang pengawas:
Meneliti catatan yang ada pada koperasi
Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.




PRINSIP KOPERASI :

Berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 ada tujuh Prinsip Koperasi yaitu :

Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
Pengelolaan dilakukan secara demokratis.
Pembagian SHU dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.
Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal.
Kemandirian.
Pendidikan perkoperasian.
Kerjasama antar koperasi.

Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
Siapapun yang memenuhi persyaratan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD dan ART) koperasi dapat menjadi anggota.
Seseorang tidak dapat dipaksa untuk menjadi anggota. Mereka dapat dengan bebas menentukan pilihannya.
Bila ada anggota hendak keluar dari koperasi, mereka dapat memutuskan sendiri, asalkan sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya.
Keanggotaan koperasi didasarkan pada kesamaan kegiatan usaha dan atau kepentingan ekonomi para anggotanya.

Pengelolaan koperasi dilakukan secara demokratis
Pengelolaan demokratis berarti :
Rapat Anggota adalah pemegang kekuasaan tertinggi.
Satu anggota satu hak suara.
Urusan kegiatan koperasi diselenggarakan oleh pengurus, berdasar pada keputusan Rapat Anggota.
Pengurus dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota.
Pengurus dapat mengangkat manajer dan karyawan atas persetujuan rapat anggota.
Kebijakan pengurus dikontrol oleh anggota melalui pengawas.
Pengawas dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota.
Laporan keuangan dan kegiatan koperasi lainnya terbuka dan transparan.
Anggota secara perorangan dapat meminta penjelasan tentang perkembangan koperasi berdasarkan aturan yang disepakati dalam Rapat Anggota.

Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota
SHU koperasi adalah sisa biaya pelayanan kepada anggota (service at cost surplus).
Bagian SHU untuk anggota, dihitung secara proporsional berdasarkan transaksi setiap anggota pada akhir tahun buku.
Transaksi anggota harus tercatat di koperasi.
Persentase SHU yang dibagikan kepada anggota ditentukan dalam Rapat Anggota.
Tujuan utama koperasi bukan mendapatkan SHU sebesar-besarnya, tetapi promosi anggota.

Pemberian balas jasa, terbatas atas modal
Modal dalam koperasi dipergunakan untuk kemanfaatan anggota, bukan untuk sekedar mencari keuntungan. Karena itu, anggota yang menyimpan (menabung) di koperasi memperoleh bunga yang terbatas atas modal. Bunganya tidak lebih dari suku bunga bank pemerintah yang lazim.

Anggota memperoleh keuntungan dalam bentuk lain, seperti :
dapat menjual hasil produksinya dengan harga tinggi.
dapat membeli produk dengan mudah, murah, dan bermutu tinggi,
dapat memperoleh pinjaman dengan bunga yang rendah dan prosedur yang mudah,
dapat mengikuti pendidikan anggota,
dan lain-lain pelayanan yang diberikan oleh koperasi.

Kemandirian
Artinya koperasi tidak bergantung pada pihak lain. Karena koperasi memiliki :
Modal pertama dan utama berasal dari anggota.
Pengelola sendiri, yaitu pengurus yang dipilih dari dan oleh anggota.
Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sendiri. Koperasi membuat anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya dengan merujuk kepada Undang-undang Nomor 25 tahun 1992.

Pendidikan perkoperasian
Untuk meningkatkan kemampuan manajemen dan terlaksananya prinsip-prinsip koperasi, maka penting sekali Anggota, Pengurus, Pengawas, dan Karyawan koperasi ditingkatkan pemahaman, kesadaran dan keterampilannya melalui pendidikan.
Misi koperasi bukan sekedar mencari keuntungan material, tetapi juga meningkatkan pengetahuan para anggotanya.
Besarnya biaya pendidikan ditetapkan oleh anggota dalam Rapat Anggota.

Kerjasama antar koperasi
Guna meningkatkan posisi tawar, sebaiknya antar koperas membentuk kerjasama yang sinergis berdasarkan kesamaan kegiatan usahanya.
Koperasi dapat bekerjasama dengan koperasi-koperasi lain di tingkat lokal, nasional, ataupun internasional.
Di Indonesia, koperasi-koperasi primer membentuk gabungan, pusat, dan induk di tingkat regional dan nasional.

hak dan kewajiban anggota

HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
A.Kewajiban Anggota :
Membayar simpanan pokok dan simpanan wajib.
Mentaati ketentuan dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Peraturan Khusus dan Keputusan Rapat Anggota.
Berpartisipasi dalam setiap aktifitas kelembagaan dan usaha yang diselenggarakan oleh kopma unnes
Menjaga nama baik KOPMA UNNES dan mengembangkan serta memelihara kebersamaan berdasarkan atas asas kekeluargaan .
B. Hak anggota
Menghadiri, menyatakan pendapat, dan memberikan suara pada saat Rapat Anggota Tahunan.
Mengeluarkan pendapat dan mengajukan usul atau pertanyaan secara lisan maupun tertulis kepada pengurus diluar Rapat Anggota Tahunan.
Mempunyai hak memilih dan dipilih menjadi anggota pengurus atau pengawas.
Mendapatkan sisa hasil usaha (SHU) setelah tutup buku
Mengikuti kegiatan-kegiatan dan usaha koperasi.
Mendapatkan perlindungan hukum dan fasilitas sesuai dengan AD/ART dan Peraturan lainnya yang berlaku.
Menelaah pembukuan koperasi pada waktu kantor dibuka
Meminta kepada pengurus untuk diadakan rapat anggota menurut ketentuan dalam anggaran dasar
Mendapat keterangan mengenai perkembangan koperasi menurut ketentuan dalam anggaran dasar

Lambang Kopma Unnes

Logo Kopma Unnes


KOPERASI MAHASISWA
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG