MEMBUAT RENCANA BISNIS 4

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bab 4. Penjelasan Produk
Jelaskan produk anda Secara khusus, jelaskan fitur dan manfaatnya


Pasar


Tentukan dengan seksama siapa yang akan menjadi kelompok konsumen anda. Penelitian pasar anda mungkin menyimpulkan bahwa anda menujukan penjualan pada suatu pasar atau bagian pasar tertentu.


Buatlah garis besar penelitian pasar yang sudah anda lakukan – penelitian primer dan sekunder sama pentingnya – termasuk ringkasan informasi dalam bentuk grafik dan tabel. Informasi pendukung yang lebih rinci dapat disertakan dalam lampiran.


Anda harus menunjukkan bahwa pasar itu ada. Berapa besar pasarnya? Perkirakan besarnya permintaan untuk produk anda dalam jangka pendek dan jangka panjang dan buatlah alasan yang tepat untuk itu. Berdasarkan informasi inilah anda akan memperkirakan besarnya penjualan.


Perusahaan Hong Khrua Thai
Hong Khrua Thai berniat menyediakan makanan bermutu tinggi sebagai kelompok restoran mahal. Restoran itu hanya akan menerima tamu pada malam hari yang sudah memesan tempat karena penelitian pasar kami menunjukkan bahwa para konsumen mengharapkan makanan dan pelayanan bermutu tinggi. Dalam kaitan dengan hal ini maka waktu untuk mempersiapkan makanan dan penyajiannya merupakan hal yang penting untuk kepuasan pelanggan.


Perusahaan Optimum Test Solutions Ltd.
Industri manufaktur elektronik di Skotlandia adalah merupakan sektor pasar terbesar dan penghasil ekspor terbanyak di negara itu. Selama dua dekade terakhir daerah yang disebut “Silicon Glen” menjadi pusat industri elektronik yang mapan di Eropa. Dengan banyaknya perusahaan multinasional yang menempatkan kantor pusatnya di bagian tengah Skotlandia, maka masa depan industri Skotlandia kelihatannya sangat cerah.


Semua perusahaan manufaktur elektronik menggunakan peralatan pengujian khusus dalam proses produksinya. Ini biasanya terdiri atas mesin-mesin pengujian mahal yang dapat digunakan untuk bermacam-macam pengujian, lalu ditambahkan suatu alat khusus yang dirancang khusus untuk melakukan pengujian atas komponen atau sirkuit tertentu. Walaupun mesin utama itu tetap letaknya, alat tambahan itu akan sering diganti sesuai dengan apa yang sedang diproduksi saat itu. Optimum Test Solutions didirikan untuk memproduksi alat tambahan yang sering dibutuhkan ini, dan juga untuk mendukung kebutuhan presisi proses pengujian komponen elektronik.


Anda harus menjelaskan kepada pembaca seberapa besar persaingan. Persaingan bentuk apa yang ada? Berapa banyak pesaing yang ada? Apakah akan ada pesaing baru dimasa depan. Jelaskan mengapa produk anda akan lebih disukai dibandingkan produk pesaing? Apakah yang menjadikan produk anda unik?


Hong Khrua Thai
Persaingan dapat dibagi dalam dua sektor:
- Persaingan langsung (dengan restoran Thailand khusus)
- Persaingan tidak langsung (dengan restoran lain dan perusahaan katering yang menyajikan makanan jenis lain).


Apakah ada hambatan untuk masuk kedalam pasar khusus ini – dan, kalau ada, siapakah mereka dan bagaimana anda mengatasinya?

Komentar