PROFIL KOPERASI MAHASISWA UNNES
SEJARAH KOPERASI MAHASISWA
KOPERASI MAHASISWA UNNES lahir berawal dari perlunya pemenuhan kebutuhan kesejahteraan mahasiswa melalui unit usaha yang dikelola oleh mahasiswa sendiri. Keinginan tersebut semakin berkembang setelah munculnya gagasan perlunya wadah untuk mendidik anggota agar tumbuh menjadi insan koperasi yang militan ( WIRA KOPERASI ).
KOPMA UNNES berdiri pasa tanggal 7 Mei 1982, yaitu pada saat dilakukan rapat pembentukan yang merupakan momentum sejarah terbentuknya koperasi di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Dengan dihadiri oleh Pejabat Departemen Koperasi rapat pembentukan koperasi tersebut telah berhasil menetapkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, sekaligus memilih pengurus dan badan pengawas yang selanjutnya dilantik REKTOR pada tanggal 28 Juli 1982, dengan ketua yang pertama yaitu sdr. Cuk Subekti untuk periode kepengurusan tahun 1982-1983. Setelah beberapa waktu menjalankan usahanya, pada tanggal 31Maret 1984 Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang berhasil mendapatkan LEGALITAS berupa status BADAN HUKUM NO. 1002/BH/VI.
Koperasi Mahasiswa ( KOPMA ) Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) yang ada di Universitas Negeri Semarang. Berbeda dengan jenis UKM yang lainnya KOPMA Univesitas Negeri Semarang mempunyai peran ganda yaitu selain sebagai organisasi kemahasiswaan yang mempuai misi/tugas pendidikan dan pengembangan sumber daya anggotanya juga merupakan organisasi bisnis yang berbadan hkum. Selain itu KOPMA Universitas Negeri Semarang juga merupakan UKM yang memiliki kharakteristik khusus, artinya merupakan salah satu jenis UKM yang selain berada di bawah pembinaan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan juga UKM yang dapat berkoordinasi dengan pihak Departeman Koperasi dan Pengusaha Kecil Menengah wilayah propinsi Jawa Tengah, Departemen Koperasi dan pengusaha Kecil Menengah Kodya Semarang dan instansi-instansi terkait lainya.
Visi
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai lembaga usaha dan unit kegiatan mahasiswa mempunyai visi sebagai berikut :
Menyiapakan kebutuhan mahasiswa dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas
Menyiapkan insan yang berjiwa kooperatif dan wirausaha
Mengembangkan ilmu perkoperasian dan mengupayakan penggunaannya bagi kepentingan anggota dan mahasiswa Universitas Negeri Semarang
Misi
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai lembaga usaha dan unit kegiatan mahasiswa
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang adalah bagian dari usaha pengembangan pembangunan daerah dan nasional dalam bidang perkoperasian
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang sebagai lembaga penghubung antara ilmu perkoperasian dan dunia kerja bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang melaksanakan kegiatan berdasarkan pola penilaian dan analisa oleh anggota disertai pandangan masa depan
Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang berusaha mengembangkan :
Kemampuan dan kualitas anggota
Mobilitas dan pengalaman tentang perkoperasian
Ilmu pengetahuan dan penerapannya
Unit usaha yang dimilki
Kerjasama dengan pihak luar bagi pengembangan Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang
Landasan, Asas dan Tujuan
Koperasi Mahasiswa UNNES berlandaskan Pancasila dan UUD 1945;
Koperasi Mahasiswa UNNES berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi;
Tujuan didirikanya Koperasi Mahasiswa UNNES adalah:
Berperan sebagai wadah pendidikan dan pengembangan bagi para anggotanya terutama wawasan perkoperasian pada khususnya dan perekonomian pada umumnya.
Meningkatkan kesejahteraan bagi para anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, melalui pengadaan dan penyediaan berbagai barang/ jasa.

Peran Serta KOPMA UNNES
Dengan modal dan potensi yang dimiliki Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, maka Kopma Unnes dapat memegang posisi dan peranan sebagai berikut:
Agen Pembaharuan
Bahwa sebagai suatu kesatuan yang integral, KOPMA UNNES beserta seluruh anggota merupakan agent pembaharu dan pelopor pembangunan. Kemurnian sikap dan gagasannya tercermin dalam setiap kegiatan dan aktifitasnya.
Kader Koperasi
Bahwa sebagai satu kesatuan yang solid KOPMA UNNES beserta seluruh anggotannya merupakan kader koperasi yang tangguh, profesional, kritis, dan berkualitas, sehingga mampu menghadapi setiap tantangan zaman.
Kader Bangsa
Bahwa sebagai satu kesatuan yang solid KOPMA UNNES beserta seluruh anggotanya merupakan kader bangsa yang senantiasa mempersiapkan diri dengan usaha-usahanya mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk pengabdian kepada masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja.
Modal Dan Potensi Dasar

Dasar pengembangan koperasi merupakan potensi yang dimiliki oleh KOPMA UNNES, yaitu:

Ide dasar, yaitu untuk membentuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam menjalankan koperasi dan mencari keuntungan guna kesejahteraan anggota.
Status dan kedudukan KOPMA UNNES dijamin dalam pasal 28 UUD 1945, Undang-undang Perkoperasian dan Statuta UNNES.
Potensi dalam tubuh KOPMA UNNES, yaitu anggota dari berbagai disiplin ilmu, segenap perangkat koperasi serta budaya organisasi yang ditanamkan sejak kelahirannya.
Aktifitas-Aktifitas Kopma Universitas Negeri Semarang
Berbagai aktifitas telah dijalankan oleh KOPMA Universitas Negeri Semarang baik dibidang organisasi perkoperasian, bidang usaha, pendidikan dan latihan serta pengembangan maupun pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu sejak Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) tanggal 4 Maret 1982 hingga kini secara berturut-turut KOPMA Universitas Negeri Semarang telah mendapat predikat SANGAT MANTAP ( KOPMA kelas A ) dengan nilai 90 pada tanggal 2 Maret 1992 dengan Sertifikat Klasifikasi oleh Departemen Koperasi Kodya Semarang.
Aktivitas Bidang Usaha Kopma Unnes
Jenis usaha yang di bidangi oleh KOPMA adalah :
Unit Toko
Pada unit ini disediakan berbagai macam alat kebutuhan civitas akademika. Selain alat tulis kantor unit ini juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari mahasiswa maupun unsur-unsur yang lain.
Komoditas unggulan dari unit toko yang tidak dimiliki oleh toko lain adalah komoditas ciri khas Unnes (souvenir).
Unit Copy Center Dan Pelayanan Dokumen.
Potensi unit ini diarahkan pada pengembangan pelayanan semua jenis dokumen, karena unit ini telah berjalan cukup lama, profesionalisme dan kedekatan psikologis terhadap mahasiswa dan dosen menjadi daya tarik untuk tetap menjadikan usaha ini sebagai salah satu usaha unggulan KOPMA.

Unit Rental dan Pusdikom (pusat pendidikan komputer)
Konsentrasi pusat pendidikan komputer adalah melayani mahasiswa yang membutuhkan pelatihan komputer baik program standar (Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point) maupun program terbaru. Unit ini juga berpotensi dalam pelayanan hardware maupun jual-beli komputer.
Dengan pengelolaan tangan-tangan terampil dan profesional serta fasilitas yang memadai diarahkan unit ini mampu bekerjasama dengan instansi yang membutuhkan pengadministrasian dengan komputer.
Dalam senggang waktu ketika tidak digunakan untuk pendidikan, komputer yang ada disewakan untuk pelayanan pengetikan dan persewaan. Dengan menggunakan sistem jaringan (LAN) serta dilengakapi dengan ruangan Ber-AC semakin memudahkan dan memberi rasa nyaman mahasiswa dalam menggunakan komputer.
Unit persewaan
Komoditas yang disewakan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang berupa peralatan wisuda (toga wisuda), persewaan alat perkemahan camping dan perlengkapan yang berkaitan dengan kemahasiswaan.
Satu hal yang patut dibanggakan adalah KOPMA UNNES merupakan penyedia peralatan wisuda terbesar di Jawa Tengah
Dengan semakin berkembangnya potensi ekonomi di lingkungan universitas negeri semarang maka bukan tidak mungkin unit usaha Kopma Unnes akan terus berkembang dan bertambah demi memenuhi kebutuhan anggota dan masyarakat yang pada akhirnya dapat mensejahterakan anggota dan masyarakat sekitar
Aktivitas Keanggotaan Kelompok Study Ekonomi ( KSE )
Bermaskas di kompleks joglo UNNES , KSE yang merupakan wadah kaderisasi koperasi mahasiswa yang secara stuktural organisasi berada dibawah koordinasi bidang Pemberdayaan Sumber Daya Anggota ( PSDA ) , KSE bertujuan untuk mencetak kader-kader yang tangguh dan profesional yang nantinya diharapkan menjadi pengurus yang siap dalam menghadapi tantangan yang akan dihadapi terutama di KOPMA .KSE juga berfungsi sebagai wadah bagi anggota untuk berekpresi ,beraktualisasi dan mengembangkan diri melalui berbagai aktivitas organisasi seperti magang,diskusi,event organizer,kajian,dll dalam rangka membentuk dan menanamkan jiwa kewirausahaan koperasi kepada anggota
Aktifitas Dalam Gerakan Perkoperasian
Dalam hubungan dengan organisasi perkoperasian lainya KOPMA Universitas Negeri Semarang selalu mengambil peran utama dalam pergerakan koperasi pemuda d tingkat regional maupun tingkat nasional,hal ini dibuktikan dengan masih tercatatnya KOPMA Universitas Negeri Semarang hingga sekarang sebagai anggota aktif FKKMI ( FORUM KOMUNIKASI KOPERASI MAHASISWA INDONESIA ) ,AKOMAS ( Asosiasi Koperasi Mahasiswa Semarang ), KOPINDO (Koperasi Pemuda Indonesia),Dan Koperasi Pemuda Jawa Tengah
Aktivitas Dalam Lembaga Kemahasiswaan
Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Negeri semarang,Kopma Unnes merupakan UKM yang selalu aktif dan proaktif dalam meyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan jiwa Cooperative Intrapreneurship bagi anggotanya pada khusussnya dan mahasiswa serta masyarakat pada umumnya melalui aktivitas organsisasi seperti pendidikan dan pelatihan perkoperasian,pendidikan dan pelatihan kewirausahaan,kajian dan diskusi,kepanitiaan,dan kegiatan lain yang bermanfaat baik yang diselenggarakan oleh KSE maupu oleh Pengurus.




















Komentar