MEMBUAT RENCANA BISNIS lanjutan

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bab 2. Dalam bisnis apa anda berada?
Apa yang anda lihat sebagai bisnis anda? Siapa pelanggan utama anda?


Menyiapkan Rencana Bisnis



Sebuah rencana bisnis adalah uraian lengkap mengenai usaha dan rencana perusahaan untuk satu sampai tiga tahun kedepan. Ini menjelaskan apa yang dikerjakan perusahaan (atau yang akan dikerjakan kalau ini perusahaan baru); siapa yang akan membeli produknya dan mengapa mereka membeli produk itu, dan, memuat ramalan keuangan yang menunjukkan keuangan yang ada dan menjelaskan kebutuhan keuangannya.


Rencana bisnis yang tertulis hanya merupakan wadah dari semua hal ini untuk suatu saat tertentu. Pemikiran dan gagasan anda sebelum mulai usaha baru tidak bisa tidak akan berubah dari pengalaman yang anda peroleh setelah usaha baru itu dimulai dan berjalan. Rencana bisnis anda harus mencerminkan pengalaman yang bertambah ini. Gunakan rencana anda untuk membandingkan pengalaman dan hasil dengan gagasan awalnya dan lakukan perubahan kalau diperlukan. Ini akan memungkinkan anda tetap bisa mengendalikan perusahaan dan membantu anda membuat rencana untuk berhasil.


Keinginan pribadi akan mempengaruhi perasaan anda mengenai bekerja sendirian atau jenis perusahaan apa yang akan anda jalankan. Apakah anda mendirikan perusahaan hanya untuk kesenangan – atau untuk mencari untung. Penilaian terhadap kekuatan dan kelemahan anda akan membantu memilih barang atau jasa yang dapat dihasilkan perusahaan anda, dan menentukan ketrampilan apa yang masih harus dikembangkan kemudian. Meneliti pasar dimana anda menjual akan dapat melihat peluang dari pelanggan dan ancaman dari pesaing yang ada dalam bisnis itu. Dari semua ini, anda harus dapat menciptakan gagasan yang jelas tentang apa yang dilakukan perusahaan anda, kemana harus menuju, dan bagaimana caranya menuju kesana. Anda juga perlu memikirkan mengenai sumberdaya yang dibutuhkan – uang, peralatan, tempat usaha, orang – dan bagaimana menggunakan sumberdaya ini.





Isi Buku Pedoman ini


Buku pedoman ini dibagi dalam bagian-bagian yang membahas unsur-unsur utama yang tercakup dalam sebuah rencana bisnis. Pedoman ini memberikan kerangka-kerja bagi perencanaan anda dimana anda dapat memberikan penjelasan mengenai perusahaan, pasar yang potensial, bagaimana perusahaan dijalankan dan dilengkapi dengan rincian keuangannya. Buku pedoman ini tidak membahas secara rinci semua teknik yang diperlukan untuk mencari informasi yang diperlukan untuk menyusun rencana bisnis. Namun demikian, buku pedoman ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana menggabungkan semua informasi itu menjadi satu dokumen yang konsisten. Buku ini tidak akan menjawab semua pertanyaan anda, tetapi akan menyarankan anda mencari jawabannya sendiri. Buku ini dimaksudkan sebagai pedoman – bukan buku peraturan. Kalau anda merasa suatu informasi itu harus ditulis atau berada dalam urutan yang lain dari apa yang disarankan disini, lakukan hal itu. Tetapi gunakanlah buku ini sebagai daftar periksa (check list) untuk menjamin tidak ada informasi penting yang anda lewatkan. Akan diberikan contoh-contoh perusahaan sebenarnya yang menggunakan rencana bisnis ini dan menunjukkan kepada anda bagaimana perusahaan lain sudah melewati langkah ini dengan berhasil!


Menyusun Rencana


Anda akan menuliskan rencana bisnis berdasarkan informasi yang anda kumpulkan dari berbagai sumber.

Rencana Bisnis

DAFTAR ISI


Ringkasan
Perusahaan
Barang atau Jasa
Pasar
Rencana Pemasaran
Manajemen & Organisasi
Ramalan Keuangan
Kebutuhan Keuangan
Lampiran




Bagi kebanyakan perusahaan, rencana bisnis merupakan alat terpenting untuk meyakinkan calon pemberi dana bahwa usulan usaha itu dapat dilaksanakan dan para pelaksananya mempunyai komitmen dan tekad untuk keberhasilan perusahaan. Ada baiknya untuk menyediakan waktu yang cukup untuk meneliti isinya dengan cermat dan menyajikannya secara profesional.


Rencana bisnis anda harus disajikan dalam bentuk yang mudah dan cepat dimengerti. Bagian utama rencana bisnis biasanya memerlukan tidak lebih dari delapan sampai sepuluh halaman, kalau perlu didukung dengan lampiran sebagai penjelasannya. Dengan demikian maka rencana bisnis anda itu akan mudah disusun dan akan menjadi dokumen kerja dimana anda dan calon pemberi dana mendapatkan informasi manajemen yang diperlukan.


Anggaplah rencana bisnis itu sebagai alat pemasaran – dalam hal ini memasarkan anda sendiri kepada calon pemberi dana yang prospektif. Rencana itu harus jujur, tetapi harus menyajikan anda dalam keadaan yang terbaik. Harus mudah dibaca oleh orang yang sibuk, seperti pejabat bank, dan mudah mengetahui apa yang diperlukan dari mereka.





Penyajian


Sampul akan memberikan kesan mengenai perusahaan kepada pembacanya sehingga harus terlihat profesional. Sampul harus menunjukkan nama perusahaan dan logo (kalau ada) dan nama anda. Sampul yang dirancang dengan baik akan memberikan kesan profesional kepada pemberi dan akan menarik perhatian mereka. Anda harus berusaha untuk mencetak isi rencana bisnis itu dalam format yang mudah dibaca.





Isi Rencana Bisnis


Ringkasan
Walaupun ringkasan adalah bagian yang akan dibaca pertama oleh pembacanya, sebaiknya ini ditulis terakhir. Ringkasan harus secara singkat memberikan penjelasan mengenai perusahaan dan menekankan maksud tujuannya. Juga harus menjelaskan bagaimana maksud tujuan itu akan dicapai dan mengapa pemiliknya adalah orang yang akan menjadikannya kenyataan.


Kalau salah satu penggunaan rencana bisnis ini adalah untuk mencari pendanaan, maka suatu garis besar yang jelas akan menarik perhatian para calon pemberi dana dan membuat mereka tertarik untuk membacanya. Ingatlah bahwa orang yang akan menilai perusahaan anda itu orang-orang yang sangat sibuk. Tekankan kekuatan perusahaan anda dan sebab-sebab mengapa anda harus mendapat dukungan. Tunjukkan perputaran penjualan dan keuntungan yang diharapkan untuk tahun depan. Kalau perusahaan sudah berjalan, cantumkan juga sejarah perusahaan sampai saat ini, dan khususnya, berikan rincian penjualan dan keuntungan tahun-tahun lalu. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya? Prestasi besar apakah yang sudah dicapai?


Akhirnya, sebutkan berapa banyak dana yang anda butuhkan dan apa saja penggunaannya.


Fat Frog Design adalah sebuah perusahaan Inggris. Perusahaan ini menawarkan jasa rancangan grafis dan penerbitan menggunakan komputer untuk seluruh bagian Timur Laut Inggris dan bagian lain negara Inggris.


Untuk memberikan jasa pelayanan ini, Fat Frog Design yakin akan dapat menarik nasabah dengan membuat paket rancangan tahunan, harga yang menarik dan memberikan perhatian khusus pada hal-hal kecil yang diperlukan oleh masing-masing nasabah melalui penghubung antara nasabah dan perusahaan.


Walaupun pasar untuk jasa ini sudah sangat bersaing, Fat Frog Design mendapatkan dari penelitian pasar yang mendalam bahwa ada permintaan yang pasti terhadap jasa Fat Frog Design seperti paket rancangan tahunan yang tidak ditawarkan oleh pesaingnya.


Setelah Fat Frog Design mapan dan mendapat reputasi yang baik atas mutu dan kehandalannya didaerah Timur Laut Inggris, perusahaan ini berharap untuk dapat mengembangkan jasanya keseluruh Inggris sehingga menambah jumlah nasabah, penjualan dan akhirnya menambah keuntungan.





Perusahaan


Bagian ini harus menguraikan dengan singkat maksud dan tujuan perusahaan. Apakah perusahaan sudah berjalan atau belum, jelaskan siapa yang memilikinya. Apa yang menyebabkan perusahaan ini didirikan?.


Kalau perusahaan sudah berjalan, uraikan sejarahnya dan apa yang sudah dicapai sampai saat ini. Berapa besar perputaran penjualannya? Berapa tingkat keuntungannya? Berapa nilai bersih perusahaan? Buatlah ringkasan angka-angka yang penting dan sertakan laporan rugi-laba dan neraca perusahaan yang lebih rinci dalam lampiran. Bagaimana kinerja perusahaan dibandingkan dengan para pesaingnya? Bagaimana pendanaan awal perusahaan ini (misalnya melalui modal penyertaan, pinjaman, hibah)? Prestasi besar apa saja yang sudah dicapai?


Jelaskan struktur hukum perusahaan (PT, perorangan, atau kemitraan CV). Sebutkan juga kalau ada hal yang membedakan dengan perusahaan lain misalnya sifat khusus produknya atau adanya sertifikat ISO9000.


Perusahaan Network Advantage
Network Advantage adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam konsultansi komputer yang mengkhususkan diri pada teknologi jaringan dan komunikasi, terutama aplikasi bisnis Internet. Tujuan utama kami adalah untuk memasarkan dan menjual jasa konsultansi, pelatihan dan dukungan dalam bidang ini, berdasarkan pada paket standar, yang kemudian disesuaikan untuk keperluan khusus para nasabah.


Perusahaan Sole Discretion
Sole Discretion adalah toko pengecer yang menjual sepatu, terletak di pusat kota Darlington, bertujuan untuk menjual kepada wanita dan pria berumur antara 16 dan 30 tahun.

Komentar