MEMBUAT RENCANA BISNIS 3

MEMBUAT RENCANA BISNIS
(Business Plan)


Bag 3. Maksud dan Sasaran
Bagian ini menjelaskan maksud dan tujuan perusahaan anda.


Produk Barang atau Jasa


Jelaskan apa yang anda jual, atau yang ingin anda jual, dalam bahasa yang mudah dipahami pembacanya. Hindari penggunaan istilah-istilah yang muluk-muluk (jargon) sedapatnya; seorang pembaca yang menginginkan informasi yang lebih rinci mengenai aspek teknis dari produk anda akan memintanya. Atau, masukkan informasi ini dalam lampiran.



Jelaskan mengapa konsumen mau membeli barang atau jasa itu. Kebutuhan apa yang dapat dipenuhi olehnya? Buatlah penjelasan bukan hanya mengenai ciri-ciri (fitur)nya tetapi juga cantumkan manfaatnya. Manfaat dapat berupa, misalnya, mudah penggunaannya, nyaman digunakan, aman, hemat, fleksibel, rasa, dsb. Ingat bahwa konsumen membeli manfaat tetapi anda yang harus membayar fitur itu.


Apakah ada dari fitur itu yang unik? Jelaskan secara rinci paten, pendaftaran desain atau hak cipta kalau ada.





Perusahaan Marie-Bernadette Callan – AQUArelle


Perusahaan ini mendasarkan usahanya pada fesien dan asesoris yang terbuat dari kulit binatang laut, terutama memproduksi sarung tangan. Namun demikian, kulit itu juga digunakan untuk keperluan lain dalam perusahaan, yang juga melibatkan perdagangan barang-barang yang terbuat dari kulit bukan dari binatang laut. Proses pembuatan sarung tangan dilakukan oleh perusahaan lain. AQUArelle bertanggung-jawab dalam memproduksi asesoris lainnya.


Kulit binatang laut itu diimpor, dan banyak jenis kulit tersedia, termasuk kulit ikan salmon dan ikan serigala tutul. Perusahaan penyamaan kulit memasok hampir 94% pasar dunia untuk kulit binatang laut, dan karena mereka juga memasok perusahaan fesien, jenis warna kulit yang dibuatnya cocok dengan kebutuhan AQAUrelle, walaupun mereka juga bersedia untuk menghasilkan warna khusus atas permintaan. Kulit yang dihasilkan lolos pengujian mutu dari London Institute of Leathers (Lembaga Kulit London) dan dapat dicuci dengan tangan pada suhu 50 derajat. AQUArelle adalah perusahaan pertama di Inggris yang menggunakan kulit ikan serigala tutul.


Semua kulit diperoleh sebagai daur ulang dari produk limbah industri ikan di Norwegia, jadi tidak ada ikan yang dibunuh hanya untuk diambil kulitnya saja, ini berarti AQUArelle lebih bersahabat pada lingkungan dari pada perusahaan yang memproduksi sarung tangan dari kulit reptil.


Kulit binatang laut Aquarelle mempunyai keunggulan daripada kulit lainnya:

AQUArelle tiga kali lebih kuat daripada kulit sapi dengan ketebalan yang sama, yang menjamin tahan lama; mempunyai penampilan yang indah dan eksotis; dan, karena tidak ada dua ikan yang sama, setiap kulit aquarelle itu unik.


Produknya sendiri dibuat lebih menarik oleh kemasannya, karena penting untuk mempertahankan citra yang kuat dari seluruh identitas perusahaan. Kemasan AQUArelle dan bahan promosinya dirancang dan diproduksi oleh perusahaan B & S Design Associates. Warna perusahaan adalah warna krem, warna bambu dan hitam, dan, dengan menggunakan gambar permukaan yang mencolok, identitas perusahaan dimaksudkan untuk mencerminkan citra sesuatu yang mahal dan unik. Setiap pasang sarung tangan dilengkapi instruksi penggunaan yang dirancang khusus dan kartu yang menunjukkan keasliannya. Sebuah contoh bahan promosinya dilampirkan.





Perusahaan Active Design


Produk yang dihasilkan Active Design adalah alat bantu belajar yang unik untuk anak-anak dan dirancang untuk belajar dengan menggunakan kurikulum nasional. Kurikulum Nasional menetapkan tujuan mata ajaran yang diajarkan untuk anak-anak pada tingkat yang berbeda-beda. Guru harus mencari produk yang dapat mendukung tujuan itu dan menghemat waktu belajar. Produk Active Design dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini.


Produk yang ada sekarang ini terutama berupa model badan manusia. Dengan model ini anak-anak dapat menghubungkannya dengan bagian tubuhnya sehingga pelajarannya dapat lebih mudah dipahami dan mudah diingat.

Komentar